[Kritikus] Berbeda, Itu yang Kutahu Tentang Batman era Bale
Batman era Bale
Review Films

[Kritikus] Berbeda, Itu yang Kutahu Tentang Batman era Bale

Image: batman-news.com

Christian Bale adalah aktor berkebangsaan Inggris yang sudah tiga kali memerankan tokoh Batman, dalam film berjudul Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan yang terakhir The Dark Knight Rises (2012).

Selain itu, Trilogy Batman yang diperankan oleh Bale nyatanya juga disutradarai oleh Christopher Nolan yang merupakan sutradara yang tidak diragukan lagi, apalagi perihal karya-karyanya dalam dunia perfilman. Semuanya bisa dibilang berkualitas.

Dan, saya sendiri adalah salah satu fans berat Christian Bale serta Christopher Nolan, sejak saya tahu bahwa Trilogy Batman itu dinahkodai oleh sutradara yang baru saja merilis film baru berjudul Dunkirk tersebut.

*Baca juga: [Kritikus] Spiderman era Tobey Maguire Tetap yang Terbaik

Terlepas dari itu, dari semua film superheroes yang pernah saya tonton.

Entah mengapa, Batman era Bale-lah yang paling menonjol dari segi cerita, keunikan, perbedaan, dan banyak hal lainnya. Pujian tersebut bukan faktor saya fans berat Bale atau Nolan, tapi itu menurut apa yang saya sadari. Dan hal tersebut murni dari kapala saya.

Menurut saya, film Batman arahan Nolan itu adalah satu-satunya film superheroes yang dapat membuat saya terpukau. Semua cerita yang diusung memang benar-benar berbeda. Kriminalitas, politik, ekonomi, dan Superheroes dapat digabungkan menjadi satu. Disitulah keunikannya, yang tidak dapat kalian temui dari film bertemakan superheroes lainnya.

Kebanyakan, bahkan hampir semua film bertajuk superheroes pasti selalu mengedepankan alur cerita yang klise, klasik, dan hampir sama dengan yang lainnya. Memang seharusnya film ber-genre superheroes itu lebih banyak aksinya ketimbang drama dan dialog-nya.

Akan tetapi, jika seperti itu terus, lama-lama penggemar akan bosan dengan sendirinya. Karena tidak ada yang berbeda; tidak ada warna baru dalam film ini.

*Baca juga: Kata Kritikus, Despicable Me 3 Isinya Hanya ‘Pembodohan’

Bahkan, terkadang ceritanya terlalu dangkal. Apalagi, adegan GAMPANGNYA musuh menyerang kota sendirian, tanpa perhitungan, tanpa perlawanan. Namun tiba-tiba datang pahlawan super—dan masalah kelar. Terlalu klise.

Oleh karena itu, menurut saya dalam  film Trilogy batman era Bale, Christopher Nolan cukup sukses meracik cerita superheroes yang cerdas. Dan menurut saya kembali, Batman era Bale adalah tiang inspirasi untuk sutradara-sutradara film, terlebih untuk sutradara yang bermain dalam genre superheroes.

Namun sayang, dalam film Superman v Batman yang dirilis beberapa tahun yang lalu, Christian Bale tidak tertarik lagi memerankan pahlawan super kelelawar itu, sehingga membuat para fans Batman merasa kehilangan. Dan sebagai gantinya, Ben Affleck lah yang terpilih memerankan Batman dalam film Superman v Batman, dan film-film selanjutnya.

Banyak para fans Christian Bale patah hati kala itu. Bahkan, Hanz Zimmer penata musik film Hollywood, salah satunya film Dunkirk ini juga angkat bicara mengenai Batman era Bale, bahkan ia mengungkapkan merasa telah mengkhianati Christian Bale.

“Di otak saya tertulis bahwa Christian Bale itu adalah Batman. Tapi, tiba-tiba Batman adalah Ben Affleck. Saya merasa mengkhianati Christian” Ungkap Hanz Zimmer seperti dikutip di Aceshowbiz.

Adapun alasan Zimmer mengungkapkan hal itu karena dirinya pernah menata musik untuk film The Dark Knight yang diperankan oleh Christian Bale. Namun, pada hari itu dirinya justru menata musik untuk film Batman v Superman yang diperankan oleh Ben Affleck. Oleh karena itu, Zimmer benar-benar merasa telah mengkhianati Bale.

Zimmer juga menilai Christian Bale lebih berdedikasi atas peran Batman yang dimainkannya. Bahkan, ia mengklaim bahwa Bale telah menghidupkan peran Batman, sehingga para penggemar patah hati kala aktor berkelahiran 30 Januari 1974 itu memilih hengkang dari proyek film superheroes yang telah membesarkan namanya itu.

alterntif text

“Aku sangat beruntung bisa memerankan Batman dalam tiga film. Itu sudah sangat cukup, jangan serakah” ujar pria berusia 43 tahun tersebut kepada Entertainment Weekly.

Bahkan, kesuksesan Trilogy Batman itu tidak diperkirakan olehnya, sampai-sampai tercipta tiga sekuel. Padahal, Christoper Nolan hanya ingin membuat satu film saja untuk setiap tema film.

Terlepas dari itu, sebenarnya Bale mau-mau saja memerankan pahlawan super kelelawar itu kembali, asalkan Christoper Nolan membuat sekuel keempatnya.

“Christopher Nolan harus membuat sekuel Batman ke-4. Tapi itu tidak mungkin kan? Jadi sudah pasti aku tak akan kembali,” tutur Bale seperti diulas E!Online.

Namun sayang, setelah Ben Affleck terpilih menjadi pemeran Batman dalam film Superman v Batman Dawn of Justice, Christian Bale mengaku sempat merasa iri. Walaupun dirinya memutuskan tidak ingin kembali menjadi Batman lagi, tapi perasaan Batman masih ada dalam dirinya.

“Saya harus mengakui, meskipun saya merasa ini waktu yang tepat untuk berhenti, ada sebagian dari saya yang berkata, ‘Ayolah, lakukan lagi (jadi batman lagi)” ungkapnya.

“Jadi ketika saya mendengar ada orang lain yang melakukannya (menjadi Batman), ada saat ketika saya tiba-tiba berhenti dan melamun kosong mungkin kurang lebih setengah jam.” Bale menambahkan.

Setelah sukses di Batman v Superman, Ben Affleck akan kembali berperan menjadi Batman dalam film terbaru DC dan Warner Bros yakni yang berjudul Justice League.

Disitu, Affleck akan beradu akting dengan Gal Gadot, Henry Cavill, Jason Momoa, Ray fisher, dan lainnya.

Kendati demikian, menurut saya Batman era Bale adalah yang terbaik.

*Baca juga: 25 Film Romantis Barat yang Akan Membuat Matamu Sembab

Oh iya, terlepas dari itu—Saya hanya ingin memberi tahu apabila diawal judul dari tulisan di situs ini ada tanda kurung seperti ini, misal; [Kritikus] berarti tulisan tersebut menurut admin pribadi, bukan sebuah berita, namun setiap percakapan yang terdapat di dalam artikelnya benar-benar ada, dalam artian bukan karangan.

Karena saya hanya ingin semua orang paham, bahwa tulisan tersebut hanya sekadar “User-review”, dan untuk kali ini peng-review-nya saya sendiri. Oleh karena itu, saya berharap tidak ada lagi yang mencibir tulisan ini atau berkata, “ah tidak benar, ah ngarang lu, dan sebagainya”. Karena ini hanya sebuah review dari pengguna.

Kalian juga bisa mengirimkan tulisan-tulisan tentang film yang menurut kalian sendiri, dan nantinya diawal judul akan ada nama kalian, misal: [Nama kalian] blablablabla. Dan untuk contoh yang nyata seperti artikel yang dikirimkan oleh Upi Wiradinata beberapa hari lalu ini: [Upi] Dunkirk, Kembalinya Sang Sutradara Christopher Nolan

Terimakasih banyak untuk Upi Wiradinata karena telah turut berkontribusi untuk situs ini. Terimakasih sebesar-besarnya. Dan untuk kalian yang tertarik mengirimkan artikel, maka baca wacana ini Cari Mau Jadi Kritikus Film Dadakan di Situs kami? Ikuti Cara Ini.

Facebook Comments
[Kritikus] Berbeda, Itu yang Kutahu Tentang Batman era Bale
To Top

Subcribe KRITIKUS.id

Masukan alamat email kamu, apabila ingin mendapatkan berita film gratis dari kami. REFRESH untuk lanjut membaca